Lakukan penggantian oli mesin cara rutin agar tidak terjadi kerusakan fatal pada mobil anda

Oli mesin mempunyai umur pemakaian dan jangka waktu tertentu yang didasarkan seberapa jauh jarak pemakaian  ataupun seberapa berat mesin bekerja. Jangan abaikan penggantian rutin pada oli mesin kendaraan anda. Telat penggantian oli mesin bisa berakibat kerusakan mesin dari yang ringan sampai kerusakan berat.
Oli mesin ganti rutin

Berikut ini beberapa resiko yang bisa terjadi jika anda terlambat atau lupa mengganti oli mesin mobil : 

Overheating atau mesin panas pada mobil

Overheating adalah kondisi dimana mesin mobil mengalami suhu panas yang berada di atas batas normal yang seharusnya. Oli yang berfungsi sebagai pendingin mesin akan mengalami penurunan fungsinya jika sudah dipakai secara berlebihan. Kinerja oli juga menjadi kurang maksimal dalam mendinginkan suhu pada mesin mobil anda. 

Penurunan kinerja mesin akibat telat ganti oli

Penggantian oli yang terlambat juga bisa mengakibatkan oenurunan kinerja pada mesin mobil anda. Oli yang dipakai secara terus menerus akan mengalami perubahan kualitas dan kekentalannya. Oli yang lebih baru cenderung lebih jernih, sementara oli yang dipakai lebih lama akan semakin berwarna kental dan hitam. Kualitas oli yang kurang bagus akan membuat kinerja mesin menjadi berkurang karena fungsi oli sebagai pelumasan pada mesin akan semakin menurun. Hal ini biasanya akan anda rasakan secara langsung dengan semakin terasa berat tarikan mesin mobil anda dan suara mesin yang semakin kasar.

Oli yang tidak diganti beresiko terhadap keausan komponen mesin mobil

Kualitas oli yang semakin menurun juga akan membuat fungsinya sebagai pelumas menjadi tidak maksimal. Gesekan - gesekan pada komponen mesin akan semakin beresiko membuat rusak.
Biasanya bagian mesin seperti piston yang paling beresiko mengalami kerusakan akibat kualitas oli yang kotor dan terlaku kental. Kerusakan seperti adanya goresan pada lubang piston bisa saja terjadi akibat oli yang jelek.

Oli yang buruk membuat boros konsumsi bahan bakar 

Kinerja mesin yang kurang akibat penurunan kualitas oli akan membuat performa mesin menurun. Tarikan mesin akan menjadi terasa lebih berat . Hal ini membuat anda akan menekan gas lebih dalam untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar dan membuat konsumsi bbm pun menjadi semakin bertambah banya.

Itulah beberapa resiko akibat telat atau bahkan tidak mengganti oli mesin pada mobil anda. Akan lebih hemat untuk jangka panjang jika anda mau meluangkan sedikit waktu dan biaya untuk penggant

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lakukan penggantian oli mesin cara rutin agar tidak terjadi kerusakan fatal pada mobil anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel