Tips merawat sepeda motor non matic, part wajib yang mesti dirawat agar motor terhindar dari mogok

Merawat sepeda motor sangatlah penting untuk menjaga agar sepeda motor Anda selalu dalam kondisi prima. Dengan perawatan yang rutin akan membuat kondisi sepeda motor lebih sehat dan terhindar dari resiko mogok atau kerusakan yamg terjadi sewaktu-waktu. Kondisi motor yang sehat membuatnya jadi lebih aman untuk dikendarai.

Perawatan secara rutin ternyata juga terbukti lebih hemat, karena kondisi spare part jadi lebih terjaga dan lebih awet. Ikuti petunjuk manual perawatan motor anda, karena biasanya masing masing kendaraan mempunyai karakteristik mesin yang berbeda.

Tentukan bengkel yang terpercaya untuk merawat kendaraan anda, mintalah mereka untuk selalu memeriksa bagian bagian penting dari kendaraan anda. Pastikan mereka memeriksa tujuh komponen kendaraan ini agar motor anda tetap dalam kondisi prima.

Berikut adalah Tips memeriksa 7 komponen penting  kendaraan anda agar terhindar dari mogok atau kecelakaan.

1. Oli
Pastikan anda melakukan penggantian rutin oli sesuai dengan standart waktu penggantian oli yang ada di buku manual kendaraan anda.
Anda bisa melakukan pergantian oli berdasarkan jarak tempuh kendaraan, atau jika anda lebih sering berada di daerah yang kotor dan berdebu lebih disarankan untuk sering melakukan pergantian oli karena kemungkinan oli kendaraan anda lebih cepat kotor atu rusak.
Cek secara rutin jumlah ukuran oli pada mesin kendaraan anda, jika cenderung berkurang segeralah bawa ke bengkel agar dilakukan pengecekan lebih pasti lagi.

2. Rantai penggerak roda
Rantai penggerak harus rutin dilakukan pengecekan, fungsi rantai ini sebagai alat yang mentransfer daya mesin ke roda belakang. Lakukan pelumasan rantai secara rutin. Selain itu pastikan kerenggangan rantai selalu dalam ukuran yang pas. Tingkat kerenggangan dsn ketegangan rantai juga ikut menentukan umur dari rantai kendaraan.

3. Ban
Periksa selalu ketebalan ban dan tekanan ban kendaraan anda. Selalu pertahankan tekanan udara ban dalam ukuran yang tepat sesuai buku petunjuk kendaraan atau sesuai standart ujuran ban yang anda pakai. Tekanan ban yang tepat bisa menghindari resiko ban meletus dan membuatnya menjadi lebih tahan lama.

4. Rem
Cek semua komponen pengereman kendaraan anda. Cek kondisi kabel rem, oli rem, kampas rem. Pastikan semuanya dalam kondisi layak pakai dan berfungsi dengan baik. Saran saya Oli rem sebaiknya diganti setiap setahun sekali.

5. Aki motor
Selalu lakukan pengecekan pada batre atau aki motor anda. Pastikan bahwa aki bisa selalu terisi dengan baik dan maksimal. Cek dengan alat ukur aki. Selain itu pastikan selalu bagian tembaga dan atas aki dalam keadaan bersih, jika menggunakan aki basah, cek secara rutin kadar cairan elektrolit, jangan sampai kurang atau berlebihan agar batre terisi secara maksimal dan bisa lebih awet.

6. Filter udara
Terlihat sepele tapi memberikan dampak bagi kinerja mesin anda, kebersihan filter udara akan mempengaruhi kompresi udara pada mesin anda. Filter udara yang kotor akan membuat kerja mesin menjadi lebih berat. Bersihkan filter udara secara rutin, namun jika sudah cukup kotor dan susah dibersihkan lebih baik dilakukan penggantian.

7. Bahan bakar dan penampungannya
Gunakan bahan bakar sesuai standart yang disarankan dari buku manual kendaraan. Karakter masing masing tipe bahan bakar yang berbeda akan mempengaruhi kinerja mesin anda.
Selalu jaga kondisi tangki bahan bakar anda bersih, cek juga filter bahan bakar anda secara rutin, jika memungkinkan lakukan penggantian filter bahan bakar dan menguras tangki agar sisa sisa kotoran dari endapan bbm bisa terbuang.

Semoga tips sederhana ini bisa membantu menjaga kondisi kendaraan anda selalu dalam kondisi sehat dan nyaman. Gunakan selalu spare part yang berkualitas agar kendaraan tetap dalam kondisi standartnya. Selamat berkendara..Keep safety riding ya bro..

Salam satu aspal,
Tormob

1 comment:

Powered by Blogger.