Tips mengatasi suara aneh pada bagian kaki-kaki depan mobil

Suara asing atau bunyi tidak normal pada bagian kaki kaki memang terkadang sangat mengganggu telinga pada saat mengemudi. Biasanya suara ini akan muncul pada saat kita melewati kondisi jalan yang kurang mulus, tidak rata atau berlubang.
Tips mengatasi bunyi aneh pada kaki kaki mobil
Tips mengatasi bunyi pada kaki kaki mobil

Seperti salah satu kasus yang dialami teman saya, dia bercerita kalau mobil Suzuki Ertiga GL nya mengeluarkan bunyi kletek -kletek atau gludug gludug lumayan keras di bagian depan mobil saat melewati jalan yang rusak atau berlubang.

Menurut teman saya hal ini sudah pernah coba diatasi dengan membawanya ke bengkel, bahkan katanya beberapa spare part sudah diganti baru seperti ball joint, long tie rod, link stabiliser, sampe disarankan ganti shock breaker juga. Namun suara aneh kletek kletek masih tetap saja.



Lalu oleh teman saya dia mencoba pindah ke bengkel lainnya untuk mencari solusi masalah ini. Karena Kebetulan saya juga pernah mengalami hal yang sama di mobil yang kami kendarai. Dimana bunyi tersebut muncul terutama ketika melewati jalan berlubang, atau setelah Melewati polisi tidur.

Maka saya sarankan untuk membawanya ke bengkel langganan saya. Nah, setelah di cek di bengkel langganan kami, maka oleh teknisinya diberi penjelasan bahwa ketika damper sok tersebut sudah diganti, bunyi gludug - gluduk tadi tak terdengar lagimaka masalah terselesaikan, Namun bila damper sok depan sudah diganti, tapi masih saja terdengar bunyi mengganggu tadi, ada kemungkinan rack steer Mobil anda itu sudah ’kena’.

Harga part ini lumayan mahal untuk ganti baru dalam bentuk assy (utuh), bisa sampai Rp 7-8jutaan, berikut pasang. Tapi tenang, selama kerusakannya belum terlalu parah, misalnya hanya karena bushing di dalam rack steera aus atau ada gigi batang rack steer yang rompal, ini masih bisa diservis kok. Coba Anda sambangi bengkel spesialis rack steer yang terdekat di kota Anda. Biaya biaya perbaikannya sekitar Rp -1,5-2,5 jutaan.

Jadi kesimpulannya, saat anda membawa mobil ke salah satu bengkel dan disarankan untuk langsung mengganti spare part yang jika biayanya cukup besar, anda bisa memilih.. jika ada dana dan anda ingin sekalian mengganti part mobil anda sih silahkan.. ,hitung hitung mempermuda usia part mobil anda,

tapi jika anda ingin memastikan dan sedikit menghemat isi kantong, lebih baik coba anda bandingkan terlebih dulu dengan membawanya ke bengkel lain lalu anda bandingkan apakah analisanya sama atau bisa saja lebih hemat. Jika memang analisa sama berarti memang spare part mobil anda rusak dan butuh diganti. Semoga bermanfaat.


 (Tormob)

No comments:

Powered by Blogger.