Tips dan trik perawatan mobil agar lebih awet dan aman dikendarai

Tip & trik perawatan mobil - Merawat dan memiliki sebuah mobil terkadang bisa dibilang gampang gampang susah. Agar mobil yang kita miliki bisa selalu nyaman selama dikendarai, ada baiknya kita harus memahami karakter mobil yang kita miliki dan wajib merawatnya.
Perawatan rutin komponen mobil

Usahakan untuk selalu melakukan perawatan rutin ke bengkel kepercayaan, jangan tunggu sampai mobil mengalami masalah baru kita merawatnya, biasanya ini akan memButuhkaan biaya yang lebih besar dibanding perawatan rutin.

Lakukan perawatan mobil secara berkala agar jika ada sesuatu yang rusak bisa segera ditangani. Ada baiknya anda membawa mobil ke bengkel untuk melakukan perawatan setiap 2 atau tiga bulan sekali. Atau jika mobil habis melakukan perjalanan panjang sebaiknya lakukan pengecekan setelahnya.


Beberapa langkah dan komponen mobil yang wajib untuk diperiksa secara rutin , antara lain meliputi :


1. Ban

Dipakai ataupun tidak, anda wajib melakukan pengecekan terhadap kondisi Ban mobil. Periksa ketebalan dan kembang ban. Pastikan tekanan anginnya sesuai dengan standart ukuran ban. Untuk mobil yang tidak digunakan selama beberapa waktu ada baiknya ban  selalu di cek karena ada kemungkinan kualitas ban bisa berkurang.

3. Air

Selalu cek ukuran isi air yang ada pada beberapa komponen mobil, misalnya untuk air wiper, radiator dan tampungannya dll. Pastikan ukuran air berada di takaran yang pas sesuai standart yang dibutuhkan, jangan sampai kurang ataupun berlebihan. Jika diperlukan lakukan penggantian air secara keseluruhan. Menambah air terkadang bisa mempengaruhi kualitas air yang berada didalamnya , tingkat kekeruhan dan air yang dipakai juga bisa mempengaruhi fungsinya.

4. Oli

Periksa dan lakukan penggantian oli secara rutin. Pastikan juga volume dan kualitas oli pada mesin, persneling, gardan, power steering, rem dan kopling. Konsultasikan jika ada sesuatu yang kurang nyaman selama mobil dipakai terkait dengan oli mesin, oli kopling dll, karena jika oli kurang atau ada masalah biasanya akan bisa langsung anda rasakan saat mobil dikemudikan.

5. Mesin

Jika tenaga mesin terasa berkurang atau bahkan ada suara-suara yang timbul di bagian mesin, itu artinya Anda harus mulai memeriksakan kondisi mesin kendaraan ke bengkel service mobil langganan terdekat. Suara yang aneh pada mobil adalah indikasi ada sesuatu yang tidak normal pada mobil anda.


6. Komponen penggerak

Periksa juga aneka komponen penggerak, seperti kopling, persneling, kopel, gardan, as, bearing roda, termasuk juga roda-roda. Pastikan komponen penggerak ini bergerak secara normal. Banyak kerusakan yang berakibat kecelakaan karena adanya kerusakan dari salah satu komponen penggerak. Antisipasi dengan berkonsultasi ke bengkel langganan anda dan mintalah di cek secara keseluruhan setiap periode tertentu.

7. Lampu-lampu

Terakhir, pastikan semua lampu kendaraan Anda mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu rem, menyala dengan sempurna, karena Anda tentu tidak mau kan diseruduk oleh kendaraan lain lantaran lampu rem yang mati?
Lampu mobil dan sinyal mobil dalah komponen penting sebagai sarana komunikasi antara anda dengan mobil lain yang ada di depan atau belakang anda. Gunakan fungsi lampu secara benar agar tidak membingungkan pengemudi lain.


8. Interior dan eksterior mobil.

Lakukan perawatan interior dan eksterior secara rutin pada mobil anda. Selain agar lebih bersih dan awet, kondisi kendaraan yang bersih juga akan menambah kenayaman dalam berkendara. Jangan biarkan debu dan kotoran terlalu lama menempel di bagian bodi luar karena akan mempengaruhi kualitas cat.

Dibagian interior juga perlu untuk selalu dibersihkan dan di rawat. Bersihkan selalu debu pada bagian dasboard, lantai dan tempat duduk. Gunakan cairan pembersih yang aman untuk lapisan plastik dashboard dan lapisan jog mobil.


No comments:

Powered by Blogger.